Minggu, 20 November 2011

Wiring Plan - Sistem Pengamanan Kabel Jaringan

Wiring Plan

Sistem Pengamanan Kabel Jaringan :

  • Grounding
  
Grounding / Pentanahan adalah penanaman kabel ke dalam tanah untuk menghilangkan beda potensial antara logam yang teraliri arus listrik dengan tanah .

  • Memperlakukan Kabel
Merawat kabel dengan betul sangat diperlukan agar kabel dapat bertahan lama usianya .

  • Horizontal Cable
Horizontal kabel sering diimplementasikan sebagai 100 ohm , 4 pair ,UTP ,solid conductor cable, ditentukan dalam standart ANSI/TIA/EIA - 568 untuk komersial bangunan . Bekerja antara cross - connect panel di satu wiring closet .

  • Backbone Cable
Backbone kabel dapat diimplementasikan menggunakan 100 ohm UTP , 62.5/125 - micron atau 50/125 - micron multimode fiber optic , atau 8.3/125 - micron singlemode fiber optic . Bekerja antara wiring closet dan cross - connect point utama dari sebuah bangunan .

  • Conduit
Conduit adalah pipa pelindung kabel .

   

Dapat terbuat dari material metal ataupun plastik . Yang terbuat dari metal bersifat kaku , sedangkan yang terbuat dari plastik bersifat fleksibel / lentur . Conduit terbentang antara area kerja menuju wiring closet . Dalam pengisian kabel , harus disisakan ruang kosong dalam conduit sebesar 40 % dari kapastitas conduit . Dapat dipakai di rute horizontal cable ataupun backbone cable .

  • Cable Tray 
 

Sebagai alternatif dari conduit . Mempunyai fungsi yang sama dengan conduit . Berbentuk seperti rak yang menopang kabel dan membentuk jalur .

Perbedaan antara conduit dengan cable tray adalah jika cable tray adalah conduit yang mempunyai rongga sehingga memudahkan untuk penggantian kabel apabila ada kerusakan.












  • Wiring Closet
    Wiring closet adalah tempat dimana jaringan dimulai . Semuakabel akan bermuara di wiring closet . Terletak disebuah tempat dimana semua kabel terkumpul .
  • Wall Plate
 

Wall plate adalah penanaman kabel di dalam dinding vagar wiring menjadi lebih rapi .


PLEASE WAIT ,,
WILL BE CONTINUE :D
........................................................................