Minggu, 08 April 2012

Panduan Hidup di Singapura


Berencana menetap di Singapura untuk kuliah atau sekolah? Masih bingung mencari tempat tinggal, beradaptasi dengan kebudayaan dan lifestyle Singapura? Jangan bimbang, kami disini akan membantu teman-teman semua yang membutuhkan informasi mengenai kehidupan di Singapura.

Berbeda dengan Indonesia, kebanyakan tempat tinggal yang ditawarkan di Singapura adalah berupa apartemen. Terdapat dua tipe apartemen yaitu :
  • HDB Flats (milik pemerintah), harga lebih terjangkau namun tidak memiliki fasilitas khusus.  Hanya tersedia coffee-shop (foodcourt) di bawah blok.
  • Condominium (private apartment), harga lebih mahal namun terdapat berbagai macam fasilitas khusus penghuni yang lengkap seperti kolam renang, BBQ pit, gymnasium, dan lain-lain.
Kamu dapat menyewa satu kamar, sharing kamar dengan roomate lain, atau menyewa satu unit yang biasa terdiri dari 2-3 kamar. Harga dapat disesuaikan dengan lokasi dan ukuran kamar, menurut observasi semakin jauh dari city area maka lebih murah harga sewanya.
Sebagai patokan, harga sewa satu kamar untuk satu orang di apartemen sekitar Orchard/Somerset adalah sekitar SGD 1000-1500. Apabila menyewa kamar di daerah suburbs seperti Toa Payoh, Tampines, Clementi, harga sewa kamar untuk satu orang berkisar dari SGD 500-800 per bulannya.
Tips mencari akomodasi yang tepat :
  • tinggal dekat dengan sekolah/kampus kamu. Biaya transportasi murah dan menghemat banyak waktu.
  • cari informasi di internet/koran tentang kamar-kamar yang disewakan.
  • jika memungkinkan, kontak agen rumah supaya lebih murah dan mudah (dapat dikenakan biaya jasa).
  • carilah tempat yang mudah diakses oleh bus, MRT, dan dekat dengan tempat makan / supermarket.

Singapura terkenal dengan negara yang mempunyai berbagai variasi makanan. Singapura terdiri dari 4 suku yaitu Cina, Melayu, India, dan Kaukasian (baca : bule) maka kebanyakan makanan yang disajikan adalah dari keempat suku tersebut.
Makanan yang sangat terkenal di Singapura adalah Nasi Ayam atau yang terkenal di Indonesia dengan sebutan Hainanese Chicken Rice, kamu bisa menemukannya nyaris di setiap foodcourt atau Hawker Centre. Hawker Centre adalah sebutan lokal untuk foodcourt yang biasanya terletak di suburbs dan tidak ada fasilitas air conditioning.
Kalau kamu memerlukan makanan yang halal, jangan takut karena banyak makanan Melayu/Indonesia, seperti Nasi Padang dan Nasi Lemak, dan India seperti Kari dan Roti Prata yang dijamin tidak mengandung babi. Di setiap foodcourt dan restoran yang menyediakan makanan halal terdapat sertifikasi halal oleh pemerintah maka jangan lupa untuk mengecek ya!
Tidak lupa, kalau kalian kangen makanan Indonesia banyak lho restoran Indonesia di Singapura. Contohnya : Ayam Penyet Ria, J-Town dengan Martabaknya, Indo-Padang, Ayam Bakar President, Jiak Bak Mee (Mie Ayam asli), Resto Surabaya dan masih banyak lagi!


Singapura adalah salah satu kota dengan sistem transportasi terbaik di dunia. Transportasi yang bersih, nyaman, dan cepat sangat memanjakan kita yang sudah terbiasa dengan kemacetan di Indonesia. Angkutan umum yang tersedia di Singapura antara lain : MRT (kereta bawah tanah), bus, dan taksi.
MRT (Mass Rapid Transit) mempunyai 4 jalur yaitu line merah (North South Line), line hijau (East West Line), line ungu (North East Line) dan line kuning (Circle Line) untuk lebih detilnya kalian bisa kunjungi website ini. Jarak tempuh dari satu stasiun ke stasiun lain rata-rata 2-5 menit, dengan harga $0.80 – $1.80.
Bus di Singapura termasuk bus yang rapi dan tertib. Bus hanya akan berhenti di halte yang ada, jadi jangan coba-coba memberhentikan bus di tengah jalan. Untuk mempelajari rute bus, dianjurkan untuk membeli buku transportasi (tersedia di 7eleven & di toko buku) atau mengunduh aplikasi ‘SG BUS’ , ‘SG Transport’, atau aplikasi lainnya di iPhone/iPod touch/iPad kamu. Harga bus tergantung dengan jarak, paling dekat $0.80 dan paling jauh $1.80.
Masih bingung dan takut nyasar? Jangan takut ! Taksi tersedia di setiap jalan di Singapura bahkan kamu dapat memesan untuk dijemput di manapun. Cukup menghubungi 6225 1111 atau dengan mengunduh aplikasi Taxi Booking di iPhone/iPod touch/iPad kamu bakal terhubung dengan Comfort/CityCab, provider taksi paling besar di Singapura (seperti Blue Bird di Jakarta) ataupun taxi SMRT. Harga taksi di Singapura menggunakan meteran argo tergantung jenis taksi, jarak tempuh, serta jam menaiki taksi. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website ini.
Untuk mendapatkan panduan lebih lanjut dalam menghitung harga transport, mencari tempat, serta membantu kamu memutuskan untuk menggunakan bus/MRT apa,  kamu bisa mengunjungi www.gothere.sg atau menginstall aplikasi gothere di iPhone/iPod touch/iPad kamu. Kalau kamu menggunakan BlackBerry, cukup ketik alamat website diatas di browser kamu. Website ini sangat membantu kita untuk traveling di Singapura. Jadi pastinya ga akan nyasar!

Nah, ini juga gak kalah pentingnya buat para pelajar! Singapura menggunakan mata uang Singapore Dollar dengan nilai tukar sekitar 1 SGD = Rp. 7000 (7 September 2011). Untuk kurs paling up-to-date kamu bisa klik disini.

Jika kalian sudah menetap di Singapura ada baiknya segera mendapatkan akun bank pilihan kalian. Bank yang popular di Singapura adalah POSB dan DBS, selebihnya terdapat UOB, OCBC, Standard Chartered, Citibank, dan lain-lain. Dengan mendaftar di bank POSB/DBS, kalian akan mendapatkan kartu ATM yang juga bisa dipakai sebagai Debit nyaris di semua toko di Singapura.

Salah satu alasan mengapa lebih dari 20.000 pelajar Indonesia memilih untuk belajar di Singapura adalah karena lokasinya yang dekat dengan kampung. Maskapai seperti Garuda Indonesia dan Singapore Airlines menyediakan banyak flight ke Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia setiap harinya.
Namun, Budget Airlines seperti AirAsia, Tiger Airways, ValuAir, Lion Air, dan sebagainya kerap kali menjadi pilihan pelajar untuk pulang kampung karena harganya yang lebih terjangkau. Sebagai patokan, harga tiket standar dengan budget airlines untuk Singapura-Jakarta-Singapura berkisar di harga $150. Sangat dianjurkan untuk memesan tiket jauh-jauh hari baik melalui website maskapai ataupun travel agent untuk mendapatkan harga yang lebih murah.


Setelah kamu pindah ke Singapura, kamu sangat dianjurkan untuk membeli nomor handphone lokal. Ada 3 operator selular di Singapura : SingTel, Starhub, dan M1.
Bagi pengguna BlackBerry, Singtel dan Starhub menyediakan paket BlackBerry prepaid yang dibanderol dengan harga sekitar $20-25 / bulan.
Kartu perdana bisa di dapatkan di Money Changer di Airport, 7eleven, dan toko retail daripada operator yang terdapat di mall-mall. Untuk informasi lebh lanjut silakan kunjungi website masing-masing operator.
Semoga panduan singkat ini bisa membantu kamu dalam proses pindahan kamu ke Singapura. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi kita di contact@ppisingapura.org. Sampai ketemu di acara PPI Singapura:)
(written by Welfare Division PPI Singapura 2011-2012)
Sumber : PPI Singapura
Sumber foto :

http://singaporebuzzblog2.blogspot.com/

http://www.condo.com/

http://en.wikipedia.org/wiki/File:CoffeeShopSG.JPG
http://www.andrewchow.sg/do-ceos-have-lunch-at-the-hawker-centres/

http://www.photos-singapore.com/